DAFTAR NEGARA DIDUNIA : TURKI / REPUBLIC OF TURKEY / TURKIYE CUMHURIYETI


Bendera Negara Turki / Flag Of Turkey

Yaps kali ini kita akan memberikan sedikit banyak tentang negara Turki (Turkey). Negara Turki (Turkey) terletak di Asia dan sedikit dibagian Eropa dan Turki (Turkey) terletak diantara Laut Tengah dan Laut Hitam. Disebelah utara negara Turki (Turkey) berbatasan dengan Bulgaria dan Yunani, disebelah Selatan berbatasan dengan Suriah dan Irak, berbatasan denganAzerbaijan disebelah timur laut dan di tenggara Turki (Turkey) berbatasan dengan Iran.

Peta Negara Turki / Map Of Tukey
Walaupun Turki (Turkey) dengan jumlah penduduk mayoritas bergama Islam, namun Turki (Turkey) merupakan negara yang sangat sekuler. Agama dan Negara adalah hal yang tidak bisa dicampur adukkan dinegeri Turki (Turkey). 


Bahkan, segala kegiatan ibadah dibatasi oleh pemerintah Turki (Turkey), dan juga bagi orang Islam yang menginginkan hukum Islam ditegakkan, tidak boleh masuk dalam area pemerintahan Turki (Turkey). Waduh sekuler banget bukan ?! Dan lagi nih, pemerintah Turki (Turkey) masih juga membatasi muslimah menggunakan jilbab dikalangan sekolah dan juga gedung pemerintahan Turki (Turkey).

Dulu ceritanya Turki (Turkey) merupakan pusat dari kerajaan Ottoman (kekhalifahan Islam). Banyak wilayah yang menjadi kekuasaan Turki (Turkey) pada waktu itu.

Lambang Negara Turki / Symbol Of Turkey

Negara Turki (Turkey) berubah dari kerajaan menjadi negara Republik ketika Mustafa Kemal Attaturk yang mengusir Khalifah Islam terakhir dan kemudian dia memisahkan urusan agama dengan negara. Bagi umat Islam yang mencintai agama, Mustafa Kemal dianggap penghancur Sistem Islam Bersatu (Khalifah) dan bagi barat dan orang yang membenci Islam, Mustafa Kenal merupakan pahlawan.

DATA NEGARA TURKI / TURKEY :

Bentuk Pemerintahan : Republik.
Ibukota : Ankara.
Luas Wilayah : 780.580 km2
Suku Bangsa : Turki 90%, Arab, Kurdi, Yunani dan Yahudi.
Pemerintahan Lokal : 13 Negara Bagian.
Agama : Islam 96%
Jumlah penduduk : 69.660.559 Jiwa (tahun 2005).
Bahasa : Turki bahasa resmi, Arab dan Kurdi
Lagu Kebangsaan : Istiklal Marsi
Mata Uang : Lira Turki Baru (YTL).
Hari Besar : 29 Oktober 1923.
Kantor Berita : Anadolu Ajansi (AA).
Penerbangan Internasional : Turkish Airlines (THY), kode TK.
Bandara Udara : Esenboga (Ankara) dan Yeslikoy (Istanbul).
Kode Telepon : +90
Anggota PBB : 24 Oktober 1945

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply