Cara Mudah Merawat Laptop Atau PC Agar Tetap Awet Dan Sehat


Merawat Laptop / PC itu Penting !
Jaman sekarang Laptop memang sudah menjadi kebutuhan dasar, dimana dijmana sekarang sudah banyak kegiatan yang memerlukan laptop atau PC. Seperti dalam proses belajar mengajar, mencari informasi, mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah, membuat data untuk perkantoran, dan banyak lagi kebutuhan akan laptop atau PC.
 

Hampir sekitar 70 % orang memiliki laptop, bukan karena ingin keren, tapi karena memang butuh. Namun tidak semua orang tau dan mau merawat laptop mereka. Mereka biasanya hanya tau memakai tanpa tau cara merawat laptop atau PC. Padahal Laptop merupakan barang elektronik yang..
rumit, yang harus diperlakukan dengan perawatan yang baik. Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda yang ingin merawat laptop :





1. Menjaga Kebersihan Laptop

Kita semua tau bahwa bersih merupakan pangkal sehat. Dan itu juga berlaku bagi barang elektronik lho. Laptop juga perlu dirawat kebersihannya, dijaga agar jangan kotor dan selalu bersih. Karena kebersihan laptop sangat mempengaruhi umur pemakaian laptop.

Oleh karena itu kamu harus menjaga kebersihan laptop, terutama bagian Keyboard nya (tempat huruf untuk mengetik), karena di Keyboard laptop lah banyak terselip debu dan kotoran yang masuk. Dan juga kamu harus sering mengelap layar laptop, namun jangan sembarangan dilap ya, harus menggunakan cairan khusus untuk layar laptop agar layar laptop bersih dan jernih.



2. Jangan Menggunakan Laptop diatas Kasur Atau Kain Tebal

Mengapa ? Karena Laptop ketika bekerja akan mengeluarkan panas dari bawah dan sampingnya. Sedangkan kasur tidak bisa membuang panas laptop bahkan kasur akan mengembalikan panas laptop ke laptop sendiri dan akan membuat laptop semakin panas. Hal ini sangat berpengaruh dengan umur laptop. Jadi usahakan menaruh alas dibawah laptop. Baik alas papan kek, atau benda lainnya yang bisa membuang panas laptop.



3. Jangan Suka Asal Mendownload dan Menginstall Software Yang Tidak Terpercaya

Kita memang butuh banyak software, karena software membuat kita mudah dalam melakukan sesuatu kebutuhan. Namun kamu harus berhati-hati dengan software, karena banyak software bebas yang mengandung virus didalamnya, ketika kamu menginstall nya maka laptop kamu akan terserang virus dan akan rusak.



4. Gunakan UPS.

Negara kita masih serong mati listrik secara tiba-tiba, yang manamati listrik ini sangat sangat mempengaruhi mesin dari alat elektronik, termasuk juga laptop atau PC, karena ketika listrik padam secara tiba-tiba, maka mesin laptop atau PC akan padam seketika juga (jika ngga pakai baterai). Oleh karena itu gunakan UPS, nah apa itu UPS ? UPS adalah singkatan dariUninteruptible  Power Supply. Fungsi dasar UPS adalah menjaga kestabilan arus listrik yang masuk ke laptop dan selalu mengontrol kebutuhan listrik pada laptop dan PC. Harga UPS yang paling murah sudah saya tanyakan, sekitar 600 ribu (itu harga Aceh), di Jakarta tentu lebih murah.





5. Rawatlah Baterai Laptop.

Baterai laptop sangat diperlukan, karena kita dalam menggunakan laptop tidak selamanya tersedia skering listrik, nah disini lah daya baterai laptop dibutuhkan. Baterai merupakan komponen vital yang harus dijaga. Cara menjaga baterai laptop adalah jangan menggunakan laptop sambil di charger, karena akan membuat baterai cepat soak (heng), jadi di charger dulu laptopnya, setelah penuh baru deh digunakan. Namun harus kita ingat bahwa umur baterai memang ada masanya, walaupun kita rawat dengan baik, namun jika sudah waktunya soak, maka baterai akan soak.



6. Gunakan Anti-Virus Kuat dan Update Anti-Virus.

Virus merupakan musuh utama laptop atau PC. Karena virus laptop bisa dengan mudah membuat mesin lapto menjadi heng dan rusak. Namun sekarang sudah banyak sekali anti-virus yang tersedia, seperti Smadav, atau Norton, atau Avira, AVG, dan juga Microsoft Security Essentials dan masih banyak yang lainnya. Dan jangan lupa kamu harus sering meng-update anti-virus mu, agar virus-virus yang baru bisa dibaca dan di bersihkan oleh anti-virus.





Nah sekian dulu dari saya tentang cara mudah merawat laptop atau PC.

Jika ada pertanyaan boleh kamu comment dikotak komentar dibawah, pasti kami membalasnya. Terimakasih. Dilarang Copi-Paste dari blog ini. Terus kunjungi kami di : worldinarticles.blogspot.com

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply