DAFTAR NEGARA DIDUNIA : AFRIKA SELATAN / REPUBLIC OF SOUTH AFRICA / IRIPHABLIKI YAZE NINGIMAZU AFRIKA


Bendera Afrika Selatan/ South Africa's Flag

REPUBLIC OF SOUTH AFRICA / IRIPHABLIKI YAZE NINGIMAZU AFRIKA
Afrika Selatan merupakan negara tuan rumah World Cup 2010 (piala dunia tahun 2010). Yang mana ketika itu Spanyol menjadi juaranya. Letak negara ini sudah jelas dibenua Afrika. Afrika Selatan bertetangga dengan Namibia, Botswana, dan Zimbabwe. Di utara, ada Mozambik dan ditimur laut ada Swaziland. Negara Afrika Selatan adalah satu-satunya negara industri dibenua Afrika.

Peta Afrika Selatan


Berlian sangat berlimpah dinegara ini, oleh karena itu pada tahun 1652 Belanda tiba dinegara ini, namun Inggris juga berminat dengan negara ini. Hal ini menyebabkan perang Inggris-Belanda dan dua perang Boer. Kemudian tahun 1910, empat republik utama bergabung dibawah Kesatuan Afrika Selatan. Namun pada tahun 1931 Inggirs berhasil menguasai Afrika Selatan sepenuhnya. Negara ini sering menjadi sorotan berita negatif dari seluruh dunia karena rasis dan apartheid. Orang kulit hitam sangat ditindas. Orang kulit hitam tidak boleh berada satu ruangan dengan kulit putih. Orang kulit hitam juga tidak mempunyai hak untuk berserikat atau berkumpul.

Lambang Afrika Selatan

Namun kemudian Peter W. Botha melakukan langkag perbaikan dengan memimpin negeri ini. Dia melakukan pelunakan peraturan perburuhan dan memberikan hak kepada kaum kulit hitam.
Setelah Peter W. Botha lalu digantikan oleh Frederick De Klerk, dimulailah perombakan habis-habisan. Yaitu politik anti apartheid dengan cara membebaskan tahanan kulit hitam yg sudah dipenjara selama 27 tahun, Nelson Mandela.

Undang-undang apartheid mulai dihapus secara bertahap dan pemilihan umum tanpa diskriminasi dimulai tahun 1994. Partai ANC meraih kemenangan besar dan Nelson Mandela dilantik sebagai presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan.

Data Negara Afrika Selatan.
Bentuk Pemerintahan : Republik.
Ibukota : Cape Town
Pemerintahan Lokal : 4 Provinsi.
Kota-Kota Besar : Johannesburg, Durban, Pretoria.
Luas Wilayah : 1.219.912 km2
Jumlah Penduduk : 43.647.658 jiwa (tahun 2002)
Agama : Reformis Belanda 40%, Anglikan 11%, Katholik 8%.
Bahasa : Afrika dan Inggris.
Lagu Kebangsaan : Nkosi Sikelel’I Afrika (Suara Afrika Selatan)
Semboyan : Ike e Ixara Ike.
Suku Bangsa : Kulit putih 14%, Asia 3%, Kulit Hitam 75%
Mata Uang : Rand (R)
Hasil Pertanian : Gula, terigu, tembakau.
Hasil Tambang : emas, intan, tembaga, platina.
Kantor Berita : South African Press Agency.
Pesawat Penerbangan : South African Airlines (SARA AIR), kode SA
Kode Telepon : +27
Anggota PBB : 17 November 1945

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply