DAFTAR NEGARA DIDUNIA : MALAYSIA

Bendera Negara Malaysia / Malaysia Flag

Siapa yang tidak tau “Upin-Ipin” ? Seri kartun menggemaskan Upi-Ipin merupakan berasal dari Malaysia. Malaysia merupakan negara tetangga dengan Indonesia. Yang mana sering kita mendengar “cek-cok” antara Malaysia dan Indonesia. Yah biasalah jika terjadi “cek-cok” karena negara tetangga. Secara iklim, Malaysia tidak ada perbedaan dengan Indonesia, Malaysia juga terletak di Asia Tenggara berbatasan dengan Thailand, Brunei dan dibagian Selatan berbatasan dengan Indonesia dan Singapura. Negara Malaysia beriklim tropis khatulistiwa. 
 
Peta Negara Malaysia

Sebagaimana negara beriklim tropis, Malaysia memiliki tanah yang subur untuk pertanian, hutan dan perkebunan. Malaysia merupakan negara produsen karet terbesar didunia namun produsen timah semakin menurun. Malaysia pernah mengalam krisis penebangan hutan secara besar-besaran untuk ekspor. Namun pada tahun 1980 dihentikan untuk melindungi hutan.

Lambang Negara Malaysia

Malaysia merupakan negara berbentuk kerajaan, dengan penduduk yang beragam. Penduduk asli hanya 50%, suku China ada 30%, an India 10%. Malaysia meresmikan agama Islam sebagai agama negara, walaupun begitu, Malaysia tetap membebaskan penduduknya menganut agama yang dipercayainya.

Sampai hari ini Malaysia-Indonesia masih bersitegang, penyebabnya banyak, mulai dari perbatasan wilayah negara, desas-desus seni-budaya, dan lainnya. Namun kita berharap Malaysia – Indonesia bisa berdamai sepenuhnya, karena Malaysia – Indonesia merupakan negara mayoritas muslim.

DATA NEGARA MALAYSIA :
Bentuk Pemerintahan : Kerajaan
Ibukota : Kuala Lumpur
Jumlah Penduduk : 25.180.000 Jiwa (tahun 2005)
Luas Wilayah : 329.750 km2
Pemerintahan Lokal : 13 negara bagian
Bahasa : Melayu, Inggris, China
Agama : Islam 60%, Buddha, Hindu, Kristen, dan Konghuchu.
Suku Bangsa : Mayoritas Melayu, China dan India.
Mata Uang : Ringgit Malaysia (RM)
Lagu Kebangsaan : Negaraku.
Semboyan : Bersekutu Bertambah Mutu.
Hari Kemerdekaan : 31 Agustus 1957
Bekas Jajahan : Inggris.
Kantor Berita : Pertubohan Berita Nasional (BERNAMA)
Penerbangan Internasional : Malaysian Airlines System (MAS), kode MH
Bandara Udara : Subang (Kuala Lumpur)
Kode Telepon : +60
Anggota PBB : 17 September 1957

Oke dilain artikel kita lanjut dengan negara lainnya. Thanks

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply