TIPS TERBAIK MENDIDIK ANAK 2015

Keberhasilan Anak Tergantung Dari Didikan Orang Tuanya

Setiap manusia yang sudah menikah pasti ingin memiliki anak dan keturunan yang baik. Karena tidak bisa dipungkiri, walaupun kekayaan berlimpah jika tidak memiliki anak itu rasanya sangat menyedihkan. Bahkan bagi mereka yang mandul (tidak bisa memiliki anak) melakukan berbagai cara dan upaya untuk bisa memiliki anak. Bagi mereka yang sudah memiliki anak, masih banyak terdapat kesalahan dalam mendidik anak. 

Ingatlah pepatah “raport orang tua adalah tindakan anak..” artinya, bagaimana sikap anak, perilaku anak, itu semua hasil didikan ayah-ibundanya. Jadi semuanya tergantung pada Anda, apakah Anda ingin anak Anda baik atau anak yang durhaka ? sudah tentu jawabannya “anak yang baik..”. Nah berikut ini ada beberapa tips untuk mendidik anak yang baik, perlu diingat ini bukan semuanya, hanya sebagian, karena banyak cara dalam mendidik anak yang baik. Oke ini dia TIPS MENDIDIK ANAK TERBAIK.

1. TIPS MENDIDIK ANAK : Cintai Anak Sepenuh Hati.
Memang tidak ada orang tua yang tidak cinta pada anak-anaknya. Sudah pasti semua orang tua cinta pada anak-anak mereka. Namun terkadang hanya saja para orang tua salah dalam mencintai anaknya. Sehingga membuat si anak menjadi manja dan tidak mandiri. Oleh karena itu, Anda sebagai ayah-ibunda harus mencintai anak sepenuh hati, namun juga jangan berlebihan dalam mencintai anak. Segala sesuatu yang terlalu berlebihan juga tidak baik bukan ?

2. TIPS MENDIDIK ANAK : Hargai Anak.
Hargai setiap perbuatan anak, prestasi anak, dan segala kegiatan anak. Walaupun tidak seberapa baik, namun dengan penghargaan yang Anda berikan memberikan anak semangat dan menjadi emosional yang baik. Contohnya ketika anak menggambar sebuah lukisan berikan pujian “waah bagus banget gambar dedek ini, pinter banget anak mama..” dan lainnya. Percaya lah si anak akan menjadi senang jika dihargai. Jangan memarahi anak jika usahanya tidak baik, namun berikan pujian dan berikan contoh yang benarnya.

3. TIPS MENDIDIK ANAK : Jangan Membandingkan Satu Anak Dengan Anak Yang Satunya Lagi.
Bagi Anda yang sudah memiliki anak lebih dari satu tentu perlu untuk melakukan hal ini, yaitu tidak membandingkan si kakak dengan si adik. Karena anak tidak suka dibanding-bandingkan dengan kakak atau adiknya. Jadi Anda sebagai orang tua harus pandai-pandai melakukan pujian ke anak tanpa harus membandingkan mereka. Contohnya, “kakak lebih pinter dari dedek, makanya dedek rangkingnya jelek..” jika Anda mengatakan demikian didepa si anak, dijamin anak akan nge-drop mentalnya. Sekali-kali jangan membanding-bandingkan anak-anak Anda.

4. TIPS MENDIDIK ANAK : Pahami Cara Belajar Anak.
Setiap orang memiliki metode sendiri-sendiri dalam belajar. Jika si A metode belajarnya dengan banyak mendengar, lain lagi dengan si B yang belajarnya lebih suka membaca. Nah metode ini yang harus kita hargai, jangan memaksakan si anak belajar dengan metode Anda. Berikan anak Anda kebebasan dalam memilih metode belajarnya. Namun Anda harus mengawasi belajar si anak, agar si anak mudah memahami setiap pelajaran. Intinya ikuti metode belajar terbaik untuk anak Anda.

5. TIPS MENDIDIK ANAK : Jangan Memarahi Anak Didepan Orang Ramai.
Anak tidak suka dimarahi didepan orang ramai, karena hal itu akan membuatnya jadi “jatuh mental”. Jadi Anda tidak boleh memarahi anak, memaki anak, apalagi memukul anak didepan orang ramai, dijamin si anak akan jatuh mentalnya. Jadi bagaimana juga caranya ? tahan emosi Anda, ketika tidak ramai orang, baru Anda memberi nasihat kepada anak. Dijamin cara itulah yang terbaik.

6. TIPS MENDIDIK ANAK : Jangan Ungkit-Ungkit Kesalahan Anak.
Setiap anak pasti memiliki kesalahan, baik itu besar atau kecil. Anda juga dulunya pasti pernah memiliki kesalahan kepada orang tua Anda. Misalkan si anak pernah berbohong dan ketahuan, cukup Anda memarahi diketika ketahuan saja. Jangan diungkit lagi dibesok harinya. Karena jika kesalahan anak terus diungkit, akan membuat mental anak menjadi jatuh dan selalu merasa bersalah.

Oke begitu dulu TIPS MENDIDIK ANAK TERBAIK, setelah ini akan kami posting kelanjutannya. Terimakasih.
Dilarang copy-paste dari blog ini, jika Anda tetap ingin copy-paste, mohon cantumkan sumbernya dari: http://worldinarticles.blogspot.com/

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply