DAFTAR NEGARA DIDUNIA : RUSIA / RUSSIAN FEDERATION / ROSSIYSKAYA FEDERATSIYA

Bendera Negara Russia / Russian Flag


Rusia yang dulunya merupakan Uni Soviet. Sebuah negara yang terletak dibenua Eropa Bagian Utara dan sebagian melintang ke Asia. Rusia juga merupakan salah satu negara dengan kekuatan militer terkuat bersaing dengan Amerika Serikat, Jepang dan China.

Rusia memiliki beberapa sungai terkenal seperti..
: Sungai Dnephr (berbatasan dengan Ukraina) dan sungai Volga. Rusia juga memiliki beberapa pulau seperti Novaya Zemlya, Daratan Franz-Josef, Kepulauan New Siberian, Pulau Wrangel di Samudera Arktik, Kepulauan Kuril dan Sakhalin yang mana masih bersengketa dengan Jepang.

Peta Negara Russia / Russian Map

Sejarah panjang Rusia diawali dengan bergeraknya bangsa Skandinavia yang dikenal sebagai bangsa Varangia menyeberangi laut Baltik memasuki kota Novgorod yang dipimpin oleh Rurik pada tahun 862 M.

Tahun 882 kaum ini berhasil menguasai kota Kiev, kota Slavia yang berkembang sebagai pusat perdagangan antara Skandinavia dan Konstantinopel. Vladimir I terus melakukan perluasan wilayah hingga Kaukasus dan Laut Hitam. Kerajaan Kiev Rusia diserang oleh bangsa Mongol oleh Batu Khan, cucu Genghis Khan, pada tahun 1237. Akibatnya kerajaan Kiev Rusia berakhir.

Lambang Negara Russia

Namun keadaan berbalik, bangsa Mongol ditahun 1380 berhasil dikalahkan oleh Dimitri Donskoy dengan kemenangan di Kulikovo.
Rusia terus mengalami perubahan dari masa demi masa. Hingga akhirnya Rusia menguasai 14 negara yang berada dikawasan Asia Tengah dan bahkan negeri Balkan bergabung sehingga terbentuklah negara Uni Soviet Sosialis Republik (USSR). Pada masa kekuasaan Lenin, kekuatan USSR perlahan mulai surut karena kekuatan ekonomi yang terus memburuk. Juga paham komunisme yang selama ini dianut akhirnya diragukan oleh rakyatnya.

Hingga kini Rusia masih ditakuti sebagai negara berkekuatan militer terhebat, bersamaan dengan Amerika Serikat. Bahkan kedua negara ini saling adu kehebatan dibidang teknologi dan militer.

DATA NEGARA RUSIA :
Bentuk pemerintahan : Semi Presidensil.
Kepala Negara : Vladimir Putin.
Ibukota : Moskwa (Moskow).
Luas Wilayah : 17.075.200 km2
Jumlah Penduduk : 143.420.309 jiwa (tahun 2005)
Agama : Rusia Ortodoks 25%, Atheis dan lainnya.
Bahasa : Rusia
Suku Bangsa : Rusia 84% dan Tartar 4% dan lainnya.
Mata Uang : Rubel (RUB).
Lagu Kebangsaan : Gimn Rossiyskaya Federatsiya
Hari Besar : 12 Juni 1990.
Kode Telepon : +7
Anggota PBB : 17 September 1957

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply