DAFTAR NEGARA DIDUNIA : AFRIKA TENGAH / CENTRAL AFRICAN REPUBLIC / REPUBLIC CENTRA-FRICAINE


Bendera Negara Afrika Tengah

Afrika Tengah adalah salah satu negara afrika yang terletak dibagian tengah. Negara ini berbatasan dengan Chad dibagian Utara, Kongo dan Zaire dibagian Selatan, Kamerun dibagian Barat, dan Sudan dibagian timur. Sebagian besar negara Afrika tengah memiliki wilayah dataran tinggi, bahkan sampai 610 meter diatas permukaan laut. Negara ini hampir setengahnya ditutupi oleh padang Sabana. Daerah barat daya merupakan daerah hutan tropis, tetapi di daerah timur merupakan daerah tandus dan gersang.
 
Peta Wilayah Afrika Tengah

Setelah bapak bangsa B. Boganda meninggal dunia ditahun 1959 akibat kecelakaan pesawat yang hingga kini belum diketahui apa penyebabnya, kolonial Perancis mengangkat D. Dacko menjadi pemimpin negara Afrika Tengah.


Pada tahun 1966 D. Dacko lengser dari jabatannya karena digulingkan oleh marsekal jean Bedel Bokassa. Lalu kemudian Negara Republik menjadi negara kerajaan saat Bokassa memberi keputusan tentang itu pada tanggal 4 Desember 1976 dan Bokassa menyatakan diri sebagai raja.
Lambang Negara Afrika Tengah



Dalam masa pemerintahannya, situasi ekonomi dan politik negara menjadi memburuk dikarenakan Bokassa menjalankan pemerintahan dengan cara kejam. Bahkan Bokassa membunuh sekitar 100 murid-murid sekolah dasar dan mendekat ke Libya. Perancis yang ketika itu menghentikan bantuan dana ke Afrika Tengah.


Bokassa diturunkan dari jabatannya pada tanggal 20 September 1979 oleh david Dacko dengan bantuan dari Perancis, kemudian sekali lagi D. Dacko menjadi presiden negara ini. Namun negara tidak juga stabil. D. Dacko kemudian dikudeta oleh Jenderal Andre Kolingba tahun 1981.


 DATA NEGARA AFRIKA TENGAH :

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Gabriel Kyambbounou (12 April 1995)

Ibukota : Bangui.

Pemerintahan Lokal : 16 wilayah pemerintahan.

Luas Wilayah : 625.00 km2

Jumlah penduduk : 3.209.759 jiwa (tahun 1999)

Suku Bangsa : Sara 10 %, Mandja 21%, Banda 27%, dan Baya 34%.

Agama : Islam 5%, Protestan 25%, Katolik Roma 25%, Animisme24%

Bahasa : Perancis.

Mata Uang : Franc CFA

Lagu Kebangsaan : Cradle of The Bantus.

Hasil Alam : Uranium, Kayu, Intan.

Hasil Agraris : Kacang-kacangan, kapas, kopi.

Hari Kemerdekaan : 30 Agustus 1960

Bekas Jajahan : Perancis.

Bergabung menjadi Anggota PBB : 20 September 1960

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply