KOREA UTARA / NORTH KOREA / CHOSON MINCHU CHUI IMMIN KONGHWA GUK

Bendera Negara Korea Utara / North Korean Flag
Korea Utara ! Jika berbicara negara Korea, baik Utara ataupun Selatan, selalu yang teringat adalah perang. Apalagi banyak film yang mengisahkan tentang perang Korea Utara dan Korea Selatan. Oh iya, asalkan Anda tahu, Korea Utara merupakan negara paling tertutup didunia, alias ngga terbuka untuk dunia luar. Bahkan jika Anda datang untuk berwisata ke Korea Utara, Anda akan diperiksa sedetil-detilnya. Anda akan dilarang membawa kamera dan alat komunikasi apapun jika ingin berjalan-jalan di Korea Utara. Nah begitu lah tertutupnya negara Korea Utara.

Peta Negara Korea Utara / North Korean Map
 Korea Utara terletak dibenua Asia, bagian timur China dan dibagian Selatan ada Korea Selatan. Korea Utara merupakan negara subur, sehingga sekitar 57% lahan Korea Utara digunakan untuk..
pertanian. Korea Utara juga kaya akan bahan tambang seperti mangan, kobalt, timah hitam, seng, wolfram, bijih besi, krom, nikel tembaga, grafit, asbes, mika, aluminium, dan banyak lagi lainnya. Juga banyak bahan industri seperti barit, pirit, apatit, potas dan fluorit.


Sejarah panjang Korea Utara tidak lepas dari Korea Selatan. Yang mana dulunya Korea hanya satu, namun bagian Utara dikuasai oleh Uni Soviet dan Selatan dikuasai oleh Amerika Serikat. Namun terjadi konflik antara Utara dan Selatan, sehingga membuat kedua pihak ingin berpisah.

Kedua belah pihak saling mendirikan pemerintahan baru. Wilayah selatan yaitu Korea Selatan berdiri negara baru dengan Rhe sebagai Presiden, dan di Utara juga berdiri negara baru Korea Utara yaitu Republik Demokrasi Rakyat Korea tanggal 9 September 1948 dengan presiden Kim Il Sung. Namun ditahun 1950-1953 terjadi perang besar antara Korea Utara dan Korea Selatan. Keduanya masing-masing memiliki pendukung, Korea Selatan didukung oleh Amerika Serikat dan Korea Utara didukung oleh China.

Perang Korea Utara vs Korea Selatan membuat banyak kerugian dan kerusakan, dimana 87% lebih industri dan 20% lahan pertanian hancur. Korea Utara bisa bangkit kembali dengan cepat hanya dengan waktu 3 sampai 5 tahun.

Lambang Korea Utara
 Sudah banyak dilakukan upaya perdamaian kedua negara Korea ini. Bahkan sudah dimulai sejak tahun 1970-an. Bahkan pernah diadakan Olimpiade Seoul musim panas, untuk menyatukan kedua negara, namun gagal karena kedua negara masih belum sepakat untuk berdamai secara utuh.
Korea Utara perlu diperhitungkan kekuatan militernya. Karena menurut informasinya, Korea Utara memiliki nuklir. Bahkan kekuatan dan persenjataan Korea Utara semakin kuat dan membuat negara Amerika Serikat berulang kali memperingatkan Korea Utara, namun Korea Utara tidak peduli.

Harapan kita semuanya Korea Utara dan Korea Selatan bisa berdamai. Karena sudah banyak korban jiwa yang tidak terhitung jumlahnya. Bukankah damai itu indah ? Semoga Korea Selalu Sejahtera, Aman dan Damai..

DATA NEGARA KOREA UTARA (NORTH KOREA) :
Bentuk Pemerintahan : Komunis.
Pemimpin Negara : Kim Jong-un
Ibukota : Pyongyang.
Pemerintahan Lokal : 9 provinsi dan 3 kotapraja.
Luas Wilayah : 120.540 km2
Bahasa : Korea.
Suku Bangsa : Korea.
Bekas Jajahan : Jepang
Mata Uang : Won (KPW)
Jumlah Penduduk : 22.912.199 jiwa (tahun 2005).
Lagu Kebangsaan : Aegukga.
Agama : Buddha, Protestan dan Katolik.
Kode Telepon : +850

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply