DAFTAR NEGARA DIDUNIA : JEPANG / JAPAN / NIPPON

Bendera Negara Jepang / Japanese Flag


Jepang ! Apa yang tergambar dibenak Anda jika berbicara negera Jepang ? Sudah pasti bunga Sakura, Pedang Samurai, Ninja, dan satu lagi, Anime. Anda tentu tau Naruto bukan ? nah Naruto berasal dari negeri Jepang. Sudah ah, kita tidak membahasa anime disini.

Jepang adalah sebuah negara yang bisa dikatakan “singa Asia” saat ini. Mengapa ? Karena Jepang sangat maju dibidang terknologi, elektronik, mesin, bahkan Jepang mampu menciptakan robot dengan kemampuan berbicara. Negara yang pernah diluluh lantakkan dengan bom atom ini terletak di Benua Asia bagian Timur. Makanya Jepang disebut “orang Timur”. Jepang bertetangga dengan Rusia dibarat, dibarat daya ada China, dan disebelah selatan bertetangga dengan Korea Selatan dan Korea Utara.
 
Peta Negara Jepang
Pada pertengahan abad ke-19 negara jepang  masih berbentuk sebuah kerjaan feodal berstruktur sosial. Sejak tahun 660 M sistem pemerintahan Jepang dipimpin oleh soeang Kaisar secara turun-temurun. Negara ini sempat terisolir dari dunia luar dan memang keinginan dari para kaisar, karena Jepang negara berbentuk kepulauan jadi mudah untuk terisolir dari dunia luar.
Jepang diabad ke-20 kemudian melakukan invansi besar-besaran diseluruh dunia. Bahkan ditahun 1904 terjadi perang besar Rusia-Jepang dan Rusia mengalami kekalahan pahit. Ini bukan main hebatnya, karena sebuah negara dari Asia mampu mengalahkan negara Eropa pertama kali sejak zaman Genghis Khan.

Lambang Negara Jepang

Pada perang Dunia II Jepang bersekutu dengan Jerman. Jepang terus memperluas wilayahnya dengan menguasai Indonesia ditahun 1942. Namun kejayaan Jepang tidak berlangsung lama, karena pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 Jepang Luluh lantak dihantam bom atom didunia kota besar di Jepang, yaitu Hiroshima dan Nagasaki. Sejak saat itu kekuatan militernya menurun drastis dan semua berubah. Dan kemudian Jepang bangkit kembali, hanya butuh waktu 10 tahun Jepang sudah sangat maju seperti yang kita lihat sekarang ini.

DATA NEGARA JEPANG / NIPPON :
Bentuk Pemerintahan : Kekaisaran.
Ibukota : Tokyo.
Luas Wilayah : 377.837 km2
Jumlah Penduduk : 127.333.000 (tahun 2005)
Suku Bangsa : Jepang 99%
Bahasa : Jepang
Mata Uang : Yen
Agama : Mayoritas agama Shinto, Buddha, Kristen dan Islam
Lagu Kebangsaan : Kimi Ga Yo
Hasil Pertanian : beras, tembakau, buah dan sayur.
Hari Besar : 3 November 1946 (Hari Konstitusi)
Kantor Berita : Kyodo Tsushin Newa Service (KYODO)
Penerbangan Internasional : Japan Airlines (JAPAN AIR), kode JL
Bandara Udara : Haneda (Tokyo), dan Narita (Tokyo)
Kode Telepon : +81
Anggota PBB : 18 Desember 1956.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply