DAFTAR NEGARA DIDUNIA : MEKSIKO / UNITED MEXICAN OF MEXICO / ESTADOS UNIDOS MEXICANOS

Bendera Meksiko / Mecxican's Flag


Meksiko (Mexico) merupakan salah satu negara maju dibenua Amerika. Meksiko (Mexico) sendiri berbatasan dengan Amerika dibagian utara dan disebelah Barat berbatasan dengan Guatemala dan Belize.

Sekitar 80% lahan di Meksiko (Mexico) merupakan lahan kering dan setengah kering, yang jika dilakukan pertanian harus dilakukan pengairan buatan. Namun hebatnya Meksiko (Mexico) merupakan salah satu negara pertanian terbaik didunia, karena sekitar setengah penduduknya merupakan petani, walaupun dibidang industri Meksiko (Mexico) sudah tidak diragukan lagi.

Peta Negara Mexico

Meksiko (Mexico) penghasil kopi, pisang, kakao, dan tebakau yang ditanam dibagian selatan yang berlahan lembab. Sedangkan diutara lebih difokuskan peternakan.

Namun Meksiko (Mexico) juga memiliki kekayaan tambang, terbukti dengan produksi perak, kalsium fluorid (CaF2), mangan, tembaga, seng, timah, dan juga belerang. Dibagian perminyakan Meksiko (Mexico) juga termasuk 10 negara dengan pengahasil minyak terbanyak didunia.

Sejarah panjang Meksiko (Mexico) terjadi ketika negara ini mengakhiri kekuasaan diktator Jenderal Porfirio Diaz pada tahun 1910 yang sudah sekitar 30 tahun memimpin. Selama berkuasa, Meksiko (Mexico) mengalami banyak masalah, karena Diaz tidak segan-segan menyiksa rakyat dengan segala caranya, membuat penduduk menjadi budak kerja paksa.

Namun setelah jenderal itu lengser, terjadi perang saudara hingga tahun 1917 dapat diredakan. Kemudian pada tahun 1917 terbentuk UUD yang berlaku hingga sekarang. Didalam UUD ini diatur pemilihan Presiden secara langsung dan melarang Presiden dipilih ulang.

Lambang Negara Mexico

Setelah Perang Dunia II usai, dunia membutuhkan banyak minyak, hal ini menguntungkan bagi Meksiko (Mexico). Dengan demikian perekonomian negara Meksiko (Mexico) terus meningkat secara drastis. Hal ini membuat Meksiko (Mexico) terus membangun dibidang pendidikan dan kesehatan, sehingga negara Meksiko (Mexico) bisa mengurangi tingkat buta huruf dan tingkat kematian.

Krisis ekonomi melanda Meksiko (Mexico) pada tahun 1982 – 1988 ketika masa pemerintahan Miguel de la Madrid yang mengakibatkan jatuhnya harga minyak bumi dipasar dunia. Hutang negara Meksiko (Mexico) kembali naik hingga menyentuh angka 23 Miliar US$.

DATA NEGARA MEKSIKO (MEXICO) :
Bentuk Pemerintahan : Republik Federal
Ibukota : Ciudad de Mexico.
Luas Wilayah : 1.964.382 km2
Suku Bangsa : Metzo 60% , Indian Amerika 30% dan juga Kaukasia.
Agama : Mayoritas Katholik Roma.
Jumlah Penduduk : 106.202.903 Jiwa (tahun 2005).
Bahasa : Mexico dan Spanyol.
Mata Uang : Peso (MXN).
Lagu Kebangsaan : Mexicanos, al grito de guerra.
Bekas Jajahan : Spanyol.
Hari Kemerdekaan : 16 September 1810.
Kantor Berita : NOTIMEX.
Penerbangan Internasional : Aeronaves De Mexico (AERONAVES), kode AM.
Kode Telepon : +52
Anggota PBB : 7 November 1945.

Posting Lebih Baru Posting Lama

One Response to “DAFTAR NEGARA DIDUNIA : MEKSIKO / UNITED MEXICAN OF MEXICO / ESTADOS UNIDOS MEXICANOS”