DAFTAR NEGARA DIDUNIA : JERMAN / FEDERAL REPUBLIC OF GERMANY / BUNDES REPUBLIK DEUTCHLAND


Bendera Negara Jerman / Germany Flag
Jerman (Germany) adalah negara pemenang Piala Dunia Tahun 2014 silam yang mana tuan rumah saat itu adalah Brasil. Negara Jerman (Germany) sangat maju dibidang otomotif dan teknologi, sehingga tidak mengherankan dunia perlu mempertimbangkan kekuatan negara ini. Jerman (Germany) dulunya sangat terkenal karena Nazi yang dipimpin oleh Adolf Hitler.
Jerman (Germany) sebuah negara yang terletak di benua Eropa. Diutara berbatasan dengan Denmark, di sebelah barat berbatasan dengan Belanda, Belgia dan Perancis, ditimur berbatasan dengan Czech dan Polandia.

Dulunya Jerman (Germany) terbagi dua, yaitu ..
Jerman (Germany) barat dan Jerman (Germany) timur. Namun pada tanggal 3 Oktober 1990 Jerman (Germany) menjadi satu dan menjadi awal persatuan dan kehidupan baru bagi Jerman (Germany).

Peta Negara Jerman / Germany Map

Sejarah panjang negara Jerman (Germany) diawali pada Perang Dunia I yang dilatar-belakangi karena pembunuhan yang dilakukan oleh warga Bosnia yang kebangsaan Serbia terhadap Putra Mahkota Franz ferdinand (Pewaris Raja Austria-Hungaria). Akbatnya Austria mengecam Serbia, karena Russia sebagai sekutu Serbia, maka Russia mengecam Austria. Namun Jerman (Germany) berada dipihak Austria. Perancis (France) yang sudah dendam dengan Jerman (Germany) ikut membela Russia-Austria. Namun Inggris juga bergabung dengan Russia-Austria karena menganggap Jerman (Germany) sebagai ancaman hebat.

Jerman (Germany) negara yang hebat, tahun 1914 bisa mengalahkan Perancis, Russia dna Belgia. Namun Perancis-Inggris memberikan serangan balik di sepanjang Sungai Marne tanggal 6-9 September sehingga membuat Jerman (Germany) sedikit kalah. Jerman (Germany) akhirnya menyerah setelah Amerika Serikat bergabung dengan sekutu Inggris. Jerman (Germany) akhirnya terpaksa menyerahkan wilayahnya kepada sekutu diatas perjanjian Versailles.

Namun Perjanjian Versailles membuat rakyat Jerman (Germany) semakin tersiksa. Lalu mereka bergerak dan muncul kelompok-kelompok dibidang politik, salah satu paling hebat yaitu partai Nazi. Adolf Hitler yang memimpin kelompok ini. Hitler sempat dipenjara tahun 1923 karena berusaha meruntuhkan pemerintahan negara bagian Bavaria.

Lambang Negara Jerman (Germany)

Hitler dengan semangatnya selalu menggalang dukungan, lama-kelamaan dukungan terus berdatangan kepada Hitler sehingga menjadikannya Kanselir Jerman (Germany) dan menggulingkan Presiden Paul von Hindenberg. Hitler dengan bangganya membangun kembali negaranya dan mengabaikan Perjanjian Versailles.

Setelah Hitler menjadi pemimpin, banyak sekali terjadi perubahan didunia ini. Italia yang membangu kerjaan Romawi Baru, Jerman (Germany) yang ingin sekali memperluas wilayahnya dna Jepang menginginkan kekuasaan penuh di Asia, mereka bergabung menjadi satu yang dikenal denga “Poros Dunia”. Sedikit demi sedikit dunia terus berubah dengan kekuatan mereka bertiga.
Polandia direbut Jerman (Germany) tanggal 1 September 1939 melalui Blitzkrieg. Kemudian tanggal 28 Mei Luxemburg, Belgia dan Belanda menyerah kepada Jerman (Germany).

Paris juga dikuasi Jerman (Germany) tanggal 14 Juni. Hal itu dicapai dalam waktu 5 minggu. Waktu yang sangat cepat bagi sebuah negara hebat menguasai banyak negara. Beberapa hari kemudian Perancis menyerah dan tinggalah Inggris sendirian menghadapi Jerman (Germany).
Sepanjang waktu itu terus terjadi peperangan antara Jerman (Germany) dengan Inggris. Kisah kekuasaan Jerman (Germany) berakhir tahun 1945 ketika Hitler yang menurut kabarnya melakukan bunuh diri tanggal 30 April dalam bunkernya yang telah dikepung pasukan Inggris dan sekutu. Jerman (Germany) kemudian menyerah tanpa syarat kepada sekutu.
Saat ini Jerman (Germany) tetap menjadi salah satu negara hebat walaupun dibagian militernya sudah tiak ditakuti seperti dulu lagi.


DATA NEGARA JERMAN (GERMANY) :
Bentuk Pemerintahan : Republik.
Kanselir : Angela Merkel.
Ibukota : Berlin.
Luas Wilayah : 349.223 km2
Jumlah Penduduk : 82.495.00 jiwa (tahun 2005).
Suku Bangsa : Jerman 93% dan lainnya Eropa.
Pemerintahan Lokal : 6 Negara Bagian.
Agama : Protestan 44%, Katholik Roma 37% dan lainnya.
Bahasa : Jerman (Germany).
Mata Uang : Euro.
Semboyan : Einigkeit und Recht und Freheit (persatuan, keadilan dan kebebasan)
Lagu Kebangsaan : Einigkeit und Recht und Freheit.
Hari Besar : 23 Mei 1949 (Hari Konstitusi).
Kantor Berita : Deutche Presse Agentur (DPA).
Penerbangan Internasional : Lufthansa German Airlines (LUFTHANSA KOLN), kode LN.
Bandara Udara : Frankfurt (Frankfurt), Fuhisbuttel (Hamburg), Munchen Riem (Munich).
Kode Telepon : +49
Anggota PBB : 18 September 1973

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply