DAFTAR NEGARA DIDUNIA : MESIR / ARAB REPUBLIC OF EGYPT / AL-JUMHUIYAH AL-ARABIYAH

Bendera Mesir / Egypt's Flag

Perlu kamu ketahui, Mesir (Egypt) sangat berjasa untuk Indonesia. Mengapa ? Karena Mesir (Egypt) lah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.
Negara Mesir (Egypt) sangat terkenal karena memiliki salah satu keajaiban dunia yaitu Piramida dan Sphinx. Negara Mesir (Egypt) merupakan sebuah negara berbentuk Republik yang pernah mengguling Presiden Mohammad Mursi ini terletak dikawasan benua Afrika namun masih menyambung juga dengan benua Asia melalui Terusan Suez.
 
Peta Negara Mesir / Egypt
Mesir (Egypt) bagian barat berbatasan dengan Libya, Sudan disebelah Selatan, ditimur berbatasan dengan Israel dan Yordania.
Mesir (Egypt) memiliki wilayah yang cukup luas namun hanya sekitar 21% yang dapat digunakan untuk pertanian. Itu pun wilayah yang berdekatan dengan sungai Nil yang mana sungai Nil merupakan sungai terpanjang didunia (6.693 km) yang mengalir langsung ke Laut Tengah. Berkat adanya sungai Nil inilah tanah-tanah disekitar itu subur dan bisa menghasilkan hasil panen yang cukup berlimpah.
 
Lambang Mesir / Egypt
Mesir (Egypt) memiliki kekayaan tambang yang cukup berlimpah, namun belum semuanya bisa diolah, tetapi jika bijih besi, fosfat alam, garam dan minyak bumi sudah berhasil Mesir (Egypt) olah. Bahkan di Sinai ditemukan sumber minyak bumi, sehingga membuat Mesir (Egypt) menjadi negara produsen minyak bumi tingkat menengah.

DATA NEGARA MESIR (EGYPT) :
Bentuk Pemerintahan : Republik.
Ibukota : Kairo.
Jumlah Penduduk : 77.505.756 Jiwa (tahun 2005).
Luas Wilayah : 997.739 km2
Suku Bangsa : Mesir, Nubian, Bedoin, dan Afrika.
Pemerintahan Lokal : 26 Daerah Gubernur.
Agama : Islam  94%, Kristen 6 %.
Bahasa : Arab.
Mata Uang : Pound (EGP).
Lagu Kebangsaan : Biladi, Biladi, Biladi.
Bekas Jajahan : Inggris.
Hari Kemerdekaan : 18 Juni 1953
Kantor Berita : Middle East News Agency (MENA).
Penerbangan Internasional : Egyptair (EGYPTAIR), kode MS.
Kode Telepon : +20
Anggota PBB : 24 Oktober 1945.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply