DAFTAR NEGARA DIDUNIA : LEBANON / REPUBLIC OF LEBANON / AL-JOUMHOURIYA AL- LUBNANIYA

Bendera Negara Lebanon / Lebanon's Flag

 Nama baik negara Lebanon di akhir tahun 2014 dan diawal tahun 2015 ini sudah tercoreng. Mengapa ? Karena ada seorang wanita bernama Mia Khalifa yang berasal dari negeri Lebanon menjadi top bintang film dewasa dinegeri Paman Sam (Amerika Serikat). Wanita yang sudah melakoni beberapa film dewasa tersebut mengaku mempunyai tatto dilengan kirinya bertuliskan huruf Arab yaitu sepenggal lagu kebangsaan negeri Lebanon. Wanita berwajah Arab ini juga mengaku bangga sebagai warga negara Lebanon. 

Nah kita tidak sedang membahas tentang wanita tersebut.
Lebanon sebuah negara berbentuk republik yang terletak dibenua Asia. Negara ini berbatasan dengan Suriah ditimur, dan diselatan berbatasan dengan Israel. Meskipun Lebanon tidak banyak memiliki bahan tambang, Lebanon mempunyai peran penting di Timur Tengah karena letak Lebanon sangat strategis untuk dilakukan bongkar muat dalam perdagangan antara Dunia Arab dan Eropa.

Peta  Negara Lebanon

Lebanon banyak mengalami gonjang-ganjing didalam negeri. Sejarahnya berawal sejak zaman kerajaan Osmania. Dari tahun ke tahun konflik terus terjadi, hal ini dikarena kaum Kafir Syi’ah (mengaku Islam namun menghina sahabat Nabi Muhammad SAW) selalu memerangi kaum Sunni (ahli sunnah wal jama’ah), juga kaum Kafir Syi’ah memerangi kaum Maronit (Katolik).

Di abad ke-19 Lebanon berada dibawah pengaruh Eropa karena banyak pelindung Maronit yang datang ke negera Lebanon. Tetapi ditahun 1858 terjadi perang saudara antara kaum Maronit dengan kaum Druse. Namun Inggris membela kaum Druse untuk kepentingan sendiri dikerajaan Osmania.
Diabad ke-20 Lebanon terus menjadi perhatian dunia, dimana terjadi perang saudara pada tahun 1958 namun bisa ditengahi oleh United States of America tanpa harus angkat senjata. Ketika terjadi perang Enam Hari pada tahun 1967 dan pengusiran PLO, mengakibatkan negara ini menjadi tempat pengungsi dari negara Palestina, yang mana ketika itu Israel menggempur wilayah Palestina secara sewenang-wenang.

Lambang Negara Lebanon

Karena banyak yang mengungsi ke Lebanon, lalu Israel dengan biadabnya juga menyerang negara Lebanon bagian Selatan. Hal ini menyebabkan banyaknya jatuh korban tidak berdosa dari pihak Lebanon yang semula tidak tahu apa-apa.

Ditahun 1975-1976 Lebanon kembali mengalami kekacauan yang diakibatkan oleh perang antara milisi Kristen dengan orang Palestina yang dibantu Suriah. Namun kemudian ditahun 1976 perang ini usai atas dorongan Suriah. Hal ini mengubah pertempuran berpindah ke bagian selatan sungai Litani dimana orang-orang Palestina yang rumahnya digusur Israel secara paksa mengungsi dan terus mencoba melawan pendudukan Israel.

Namun naas bagi Lebanon, ditahun 1978 Israel malah menyerang Lebanon dengan dalih mengejar para pejuang Palestina dengan dengan membombardir bom juga menurunkan tank perang. Hal ini membuat PBB turun tangan. Meski serangan Israel bisa dihentikan, namun masih juga terjadi perang didalam negeri.
Tahun 1979-1980 terjadi perang yang memperebutkan Lebanon Selatan antara kaum kafir Syi’ah dengan tentara Palestina yang terusir oleh Israel.

DATA NEGARA LEBANON :
Bentuk Pemerintahan : Republik
Ibukota : Beirut.
Pemerintahan Lokal : 5 Gubernur.
Jumlah Penduduk : 3.826.018 jiwa (tahun 2005)
Luas Wilayah : 10.452 km2
Bahasa : Arab
Agama : Islam Sunni, Syi’ah dan Kristen
Suku Bangsa : Lebanon 80%, Palestina dan Armenia.
Mata Uang : Pound Lebanon (LBP)
Lagu Kebangsaan : Koullouna Lilouataan Lil Oula Lil Alam.
Bekas Jajahan : Perancis
Hari Kemerdekaan : 22 November 1943
Kantor Berita : National News Agency (NNA)
Penerbangan Internasional : Middle East Airlines (CEDAR-WINGS).
Bandara Udara : Khalde (Beirut)
Kode Telepon : +961
Anggota PBB : 24 Oktober 1945.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply