DAFTAR NEGARA DIDUNIA : TAIWAN / REPUBLIC OF CHINA / CHUNG-HUA MIN-KUO

Bendera Taiwan / Taiwan's Flag
 
Masih banyak orang yang mengira bahwa Taiwan merupakan China. Namun nyatanya, Taiwan merupakan sebuah negara yang Independen. Taiwan terletak dibenua Asia, dipulau Formosa. Negara Taiwan terletak disebelah timur China dan disebelah Utara Filipina.

Peta Taiwan / Taiwan's Map
Pada tahun 1895-1945 Taiwan dijajah oleh Jepang, yah namanya juga penjajahan Taiwan merasa sengsara namun dibalik itu Taiwan jadi maju dibidang industri dan juga modernisasi teknologi di negeri Taiwan.

Selama masa penjajahan, Taiwan menjadi produsen beras dan gula bagi Jepang. Oleh karena itu Taiwan menjadi negeri pertanian nomor dua terbaik di Asia selain Jepang setelah perang pasifik.
Penduduk asli Taiwan sebenarnya orang Melayu yang ditemukan bangsa Portugis tahun 1590, namun justru sekarang menjadi minoritas di Taiwan. Pada tahun 1624 Taiwan dikuasai oleh Belanda setelah Belanda berhasil mengusir Spanyol. Tahun 1662 penjajah Belanda berhasil diusir oleh loyalis Ming, Zheng Cheng-gong (Koxinga).

Lambang Negara Taiwan

Sejak perang Korea meledak, banyak terjadi perubahan di Taiwan, yaitu dukungan Amerika Serikat dalam bidang ekonomi dan politik, namun dukungan ini tidak diberikan secara Cuma-Cuma oleh Amerika Serikat, melainkan Taiwan harus mengizinkan armada ketujuh Amerika Serikat berlabuh diteluk Taiwan untuk meredam ideologi komunis.

Sejak saat itu Taiwan menerima bantuan dibidang militer secara besar-besaran. Sampai sekarang Taiwan dan China masih bersitegang. China menganggap Taiwan bagian dari China sedangkan Taiwan mengklaim negaranya berdiri sendiri (merdeka dari China). Kedua negara ini saling bersaing dibidang kemiliteran untuk menakuti musuh.

DATA NEGARA TAIWAN :
Bentuk pemerintahan : Republik.
Ibukota : Taipei.
Suku Bangsa : China Han 98% , Aboriges 2% (asli Indonesia ).
Agama : Buddha, Taoisme, Konghuchu dan Kristen.
Luas Wilayah : 32.260 km2
Jumlah Penduduk : 22.794.838 Jiwa (tahun 2003).
Bahasa : China Mandarin, Taiwan dan Hakka.
Mata Uang : Dollar Baru Taiwan (NT$).
Lagu Kebangsaan : Tiga Prinsip Rakyat.
Hari Besar : 10 Oktober 1911 (Hari Berdirinya Negara).
Kantor Berita : Central news Agency Inc (CNA).
Penerbangan Internasional : China Air (CHINA AIR), kode CI.
Bandara Udara : Ciang Kai Shek (Taipei).
Kode Telepon : +886.

KEPALA PEMERINTAHAN TAIWAN :
Li Zangren : Desember 1949 - Maret 1950.
Jiang Kaishek : Maret 1950 - April 1975
Yen Jiagan : April 1975 – Mei 1978
Jiang Jinguo : Mei 1978 – Januari 1988.
Lee Teng-Hui : Januari 1988 -

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply