THAILAND / KINGDOM OF THAILAND / MUANG THAI or PRATHET THAI


Bendera Negara Thailand / Thailand's Flag


Negara yang satu ini terkenal dengan “gajah putih” nya. Yap ! apa lagi kalau bukan negara Thailand. Negara Thailand merupakan rival Indonesia dalam sepak bola di piala AFF. Namun harus diakui Thailand masih lebih baik dari Indonesia, namun Indonesia juga bukan lawan yang mudah, Thailand juga pernah..
kalah dari Indonesia.


Thailand terletak dibenua Asia Tenggara. Thailand berbatasan dengan Laos dibagian Utara, di arah barat berbatasan dengan Myanmar, dibagian selatan berbatasan dengan Malaysia, ditimur berbatasan dengan negara Kamboja (Cambodia).

Peta Negara Thailand / Thailand's Map
 Thailand sangat terkenal dengan pertanian berasnya. Sampai-sampai Daratan Mae Nam Chao dijadikan sebagai gudang beras. Kebayang dong berapa juta ton beras disana. Thailand juga produsen jagung, kapas, tebu, sayuran. Thailand juga kaya akan barang tambang, seperti timah, nikel, minyak dan gas bumi.


Thailand merupakan negara Asia Tenggara satu-satunya yang tidak pernah dijajah didunia. Namun di abad ke-13 Thailand sudah mulai hebat dibawah kerajaan Sukothai. Diabad ke-17 Thailand sudah mulai memperluas derah kekuasaan, namun negara sekitar kerajaan Thailand dijajah. Agar daerah Thailand tidak dijajah, Thailand melakukan perjanjian, dengan syarat mengirimkan hasil panen beras untuk penjajah, namun hasilnya Thailand tidak dijajah.

Lambang Negara Thailand

Ditahun 1932 Thailand mulai merombak sistem pemerintahannya dri monarki absolut menjadi monarki konstitusional. Kekuasaan tertinggi negara Thailand masih dipegang oleh Raja. Dan Raja berhak memilih anggota dewan senat, pejabat tinggi dan perwira tinggi negara menurut UUD yang berlaku sejak 1978. Namun pemerintahan negara Thailand dijalankan oleh seorang Perdana Menteri.


Thailand pernah bertikai dengan negara Laos ditahun 1987 dan memakan korban jiwa 700 orang. Pemicunya adalah batas wilayah perbatasan. Setahun kemudian Thailand dan Laos melakukan gencatan senjata. Thailand juga masih memiliki banyak masalah dalam negeri, seperti etnis Melayu yang sebagian beragam Islam ingin membentuk negera sendiri karena sering di-anak-tiri-kan oleh pemerintah Thailand. Bahkan militer Thailand sering melakukan pembunuhan dan penyiksaan di wilayah itu.



DATA NEGARA THAILAND :

Bentuk Pemerintahan : Junta Militer dibawah Monarki Konstitusional.

Ibukota : Bangkok.

Luas Wilayah : 514.000 km2

Suku Bangsa : Thai 85%, Indochina dan lain-lain.

Pemerintahan Lokal : 73 Provinsi.

Agama : Buddha 95%, Islam 4% dan Kristen.

Bahasa : Thai, Inggris dan China.

Jumlah penduduk : 64.631.899 jiwa (tahun 2006).

Mata Uang : Bath.

Lagu Kebangsaan : Phleng Chat.

Hari Besar : 5 Desember 1927 (Hari Ulang Tahun Raja).

Penerbangan Internasional : Thai Airways (THAI AIR), kode TH.

Bandara Udara : Don Muang (Bangkok).

Kode Telepon : +66

Anggota PBB : 16 Desember 1946.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply